Jumat, 30 Januari 2015

manfaat daun sirih merah untuk penyakit diabetes

manfaat daun sirih merah untuk penyakit diabetes Sirih (Piper betle) adalah jenis tanaman merambat dan banyak ditemui di Indonesia. Tanaman merambat ini bisa mencapai 12 m. Sirih batang coklat kehijauan, bulat, beruas dan merupakan akar dari debit. Daunnya berbentuk hati tunggal, runcing, tumbuh bergantian, bertangkai, dan bau tak sedap bila diremas. Buah bulat buni hijau keabu-abuan. Akar naik, bulat dan berwarna cokelat keemasan. Daun tanaman ini sering digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Isi yang terkandung dalam daun sirih hijau sangat banyak. Beberapa isi meliputi: fenil propana, minyak esensial, hidroksikavicol, estragol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tanin, pati, seskuiterpen, terpennena dan gula. Semua zat yang membuat tanaman sirih kaya manfaat dan kegunaan sebagai manusia bisa sehat.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan:

     Mengobati gigi berlubang. Jika Anda mengalami nyeri akibat gigi berlubang, segera mengambil daun sirih dan rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Daun sirih direbus air digunakan untuk berkumur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar